A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_session4048f1321b84aa6f0e9f3201db14a9f55ca5a4fa): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/desa/application/controllers/Postings.php
Line: 8
Function: __construct

File: /home/desa/index.php
Line: 292
Function: require_once

desa jogoyitnan

KPM TbR UNSIQ Wonosobo di Desa Jogoyitnan


Desa Jogoyitnan Kecamatan Wonosobo menjadi salah satu desa sasaran untuk Kuliah Pengabdian Masyarakat Tematik berbasis Riset Universitas Sains Al-Qur'an atau KPM TbR UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo yang berlangsung sejak tanggal 17 Februari hingga 29 Maret 2022.

Tergabung dalam kelompok bernama "Askary", terdapat 11 Mahasiswa dan Mahasiswi UNSIQ yang melaksanakan KPM TbR di Desa Jogoyitnan, dengan program unggulan yakni "Menurunkan Angka Kasus Stunting Desa Jogoyitnan Kecamatan Wonosobo dengan Edukasi Sejak Dini, Sistem Ketahanan Pangan yang Baik, serta Sanitasi Berkualitas".

Tema tersebut diambil sebagai program unggulan KPM TbR kelompok ini, lantaran masih adanya kasus stunting di Desa Jogoyitnan yang salah satu penyebab terbesarnya saat ini yakni karena masalah sanitasi. Status "Desa Lokus Stunting" yang sebelumnya diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk Desa Jogoyitnan kini telah berangsur-angsur menghilang dengan adanya penurunan kasus stunting di desa ini berkat kerja keras seluruh elemen.

Namun, masih adanya permasalahan sanitasi tersebut dapat beresiko untuk meningkatkan kembali angka kasus stunting. Oleh karena itu, dengan hadirnya Kelompok KPM TbR UNSIQ di Desa Jogoyitnan ini diharapkan dapat turut berperan terhadap pencegahan dan penanggulangan kasus stunting Desa Jogoyitnan ke depannya.

Program unggulan Kelompok Askary untuk membantu menurunkan angka kasus stunting di Desa Jogoyitnan tersebut diwujudkan dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Gotong royong membersihkan Masjid Hasyimulloh Paguan Jogoyitnan bekerja sama dengan Komunitas RRM (Resik-resik Masjid). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat semakin menjaga kebersihan lingkungan sekitar, khususnya meningkatkan sanitasi yang berkualitas.
  2. Sosialisasi "Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Reproduksi Remaja dalam rangka Pencegahan Stunting Sejak Dini" di Pondok Pesantren Thoriqul Irsyad Jogoyitnan. Mengundang Juara Duta Genre Wonosobo sebagai narasumber, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada remaja di Desa Jogoyitnan agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sejak remaja hingga kapanpun, demi mencegah penambahan resiko stunting.
  3. Mengisi pembelajaran di RA dan SD setiap Hari Senin sampai dengan Sabtu, dengan menyisipkan materi seputar Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal tersebut agar anak-anak di Desa Jogoyitnan memahami dan menerapkan PHBS sejak dini.
  4. Sosialisasi online juga dilakukan dengan cara membagikan video edukasi lewat kader kesehatan desa yang dikirimkan ke berbagai group WhatsApp beranggotakan seluruh warga desa. Video tersebut berisi edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan stunting dengan Program "Dashat" (Dapur Sehat Atasi Stunting)  yang disampaikan oleh Kepala Dinas PPKBPPPA Wonosobo dalam Podcast Ruang Publik WEB TV milik Dinas Kominfo Wonosobo. Kolaborasi edukasi online ini dilakukan guna menghindari kerumunan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 yang lebih masif lagi.

Kegiatan di bidang kesehatan Kelompok KPM TbR UNSIQ berada di bawah bimbingan Bidan Desa Jogoyitnan. Kegiatan tersebut yaitu:

  1. Kelas Ibu.

Kelas ibu adalah kelas edukasi Bidan Desa kepada para wanita khususnya usia dewasa dan para calon pengantin, yang menyampaikan tentang pentingnya kesiapan seorang wanita jelang pernikahan. Menikah di saat yang tepat turut berpengaruh terhadap pencegahan stunting.

  1. Kelas Ibu Hamil.

Pendidikan selama kehamilan seorang calon ibu sangat penting untuk membantu persiapan persalinan, oleh karena itu kelas ini diadakan guna memberikan wawasan dan pelatihan bagi seluruh ibu hamil di Desa Jogoyitnan. Hal ini dapat mencegah stunting pula, mengingat setiap anak sangat membutuhkan nutrisi yang baik bahkan sejak dalam kandungan.

  1. Kelas Ibu Balita

Tiga tahun pertama kehidupan sangat penting bagi seorang anak untuk mendapatkan nutrisi dan ilmu yang melimpah guna tumbuh kembang fisik, otak, dan psikisnya. Sehingga pola asuh yang baik diajarkan dalam Kelas Ibu Balita ini.

  1. Posyandu

Pemantauan kesehatan guna mengetahui kondisi stunting anak dapat dilihat pula dari Kegiatan Posyandu yang dilakukan setiap bulan.

  1. Posbindu

Kegiatan pemantauan kesehatan tidak hanya disediakan untuk para bayi, baduta dan balita saja. Namun, kegiatan posbindu yang diadakan setiap tahun di tiap RT ini dapat memfasilitasi pula masyarakat Desa Jogoyitnan dari segala jenjang umur untuk dapat memantau kondisi kesehatannya.

  1. Posyandu Lansia

Posyandu lansia adalah posyandu yang dilaksanakan khusus untuk para lansia di Desa Jogoyitnan, agar para lansia dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing-masing.

Kelompok Askary turut membantu dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan kesehatan desa yang digelar rutin tiap bulan tersebut. Selain itu, kegiatan keagamaan juga dilaksanakan Kelompok KPM Askary di Desa Jogoyitnan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, diantaranya:

  1. Membantu jalannya Pengajian Fatayat dan Muslimat NU Cabang Wonosobo dengan Desa Jogoyitnan sebagai tuan rumahnya.
  2. Jam 4 sore setiap harinya, Kelompok Askary ini juga membantu mengajar mengaji di TPQ yang sebelumnya diawali dengan pemberian materi terlebih dahulu seputar keagamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal agama sejak kecil bagi seluruh anak-anak di Jogoyitnan.

Bukan hanya itu, pengabdian masyarakat berupa edukasi juga diberikan oleh Kelompok KPM Askary di Desa Jogoyitnan ini dengan pemberian kesempatan pendampingan belajar atau les anak-anak di Desa Jogoyitnan secara gratis setiap harinya jam 2 siang.

Sebagai tambahan kegiatan, untuk menambah kedekatan Kelompok KPM Askary UNSIQ dengan seluruh masyarakat Desa Jogoyitnan, diadakan pula kegiatan perlombaan di SD Negeri Jogoyitnan setelah selesai PTS, dengan berbagai perlombaan menyenangkan dan hadiah istimewa.

Serta, di akhir waktu KPM juga diadakan kegiatan perpisahan dengan anak-anak, remaja, dan seluruh pihak yang telah terlibat dan sangat antusias dengan adanya kegiatan KPM TbR UNSIQ oleh Kelompok Askary di Desa Jogoyitnan ini, dengan acara ceremonial, pemberian penghargaan, dan kenang-kenangan untuk masyarakat Desa Jogoyitnan.

Seluruh kegiatan tersebut telah berjalan lancar, penuh semangat kelompok KPM, didukung penuh dengan antuasiasme seluruh masyarakat Desa Jogoyitnan dari berbagai elemen. Hingga KPM TbR di Desa Jogoyitnan ini berakhir nantinya diharapkan seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat sepenuhnya bagi seluruh pihak.


Total Dibaca

Desa Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085743824256
Email:  pemdesjogoyitnan@gmail.com
Website: https://jogoyitnan-wonosobo.wonosobokab.go.id

Jln T. Kertonegoro Km. 02 Paguan Jogoyitnan Wonosobo

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /var/lib/php/sessions/ci_session4048f1321b84aa6f0e9f3201db14a9f55ca5a4fa

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: